Review 'Kicau Kacau' Indra Herlambang

  • 0
Keterangan Buku:
Judul : Kicau Kacau (Curahan Hati Penulis Galau)
Penulis : Indra Herlambang
Penata Letak : Ryan Pradana
Ilustrasi Isi : Indra Herlambang
Desain Sampul : Indra Herlambang
Foto Sampul : Otto Djauhari
Penerbit :Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 332 hlm.
Terbit : Februari 2011
ISBN :978-979-22-6724-2


Sebenarnya saya memiliki buku Kicau Kacau (Curahan Hati Penulis Galau) ini beberapa bulan yang lalu, namun baru sekarang menyempatkan diri untuk mereviewnya, karena selain bekerja 8 to 16 waktu saya tersita dengan drama-drama Korea yang melenakan.

Sebelumnya saya tidak tertarik untuk memiliki buku ini, selain karena warna covernya kuning mencolok (ya saya tidak suka warna kuning, kecuali emas batangan J) juga karena yang nulis host acara infotainment. Entah kenapa saya agak underestimate terhadap selebriti menulis, apalagi host infotainment gosip. Bahkan saya baru tahu klo Indra Herlambang seorang penulis. Tapi akhirnya tetap saya beli, karena ada tulisan best seller di covernya, penasaran seperti apa sie tulisan selebriti ini. 

Setelah memamah kicauan kacaunya, well saya sadar ternyata perspektif saya tentang Indra Herlambang salah besar. Tulisannya segar, menarik dan patut diperhitungkan. Gaya penulisannya yang sederhana namun berbobot membuat saya tak rela untuk melewatkan tiap lembar kicauannya. 

Secara garis besar buku ini terbagi dalam 4 bab yaitu: Gaya Hidup (Lifestyle), Hubungan Percintaan, Jakarta Indonesia dan tentang Keluarga. Hampir semuanya merupakan perjalanan hidup yang pernah dijalani oleh Indra Herlambang, mulai dari pengalaman masa kecilnya yang Jamuholic, cerita saat dia ketemu Obama, mewawancarai Miyabi, pengalaman diwarnet, hingga riset dia tentang ‘Pencarian Kartini’. Semua cerita dikemas dalam bahasa yang sederhana, lugas dan menarik. Tidak salah jika buku ini dinobatkan sebagai buku best seller. Sejak dirilis Februari 2011 lalu yang ternyata mendapat respon yang luar biasa, dan buku yang saya miliki ini adalah cetakan ketujuh terbitan bulan Juli. Luar biasa!

Dari 50 cerita yang ada di buku Kicau Kacau ini, yang paling berkesan buat saya adalah  Terjaga untuk Menjaga. Siapa menyangka bahwa presenter sekaliber Indra Herlambang dulunya mengalami kelainan pola tidur yaitu Sleepwalking (berjalan dalam tidur) yang membuat seluruh keluarganya harus siap siaga mencegah semua kemungkinan terburuk yang bakal terjadi. 

Overall, saya bisa bilang bahwa ‘Kicau Kacau(Curahan Hati Penulis Galau) adalah buku yang menarik untuk dibaca, sangat direkomendasikan, yang tak hanya membuat kita tersenyum atau tertawa sendiri kala membacanya namun juga mendorong kita untuk mengevaluasi diri,  merenungi dan mencerna apa saja yang telah dan yang akan kita lakukan dalam hidup kita.


@Cikvee

NB: foto di covernya lebih mirip ayam ketimbang burung. iya ga sie?

P.s:  Saya suka kata-kata ini:
“Berteman dengan diri sendiri, berdialog dengan diri sendiri buat saya bukanlah pilihan, tapi keharusan. Apalagi sebenarnya di ujung hidup ini ada kematian. Sesuatu yang harus benar-benar dijalani sendirian” – Indra Herlambang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...